Persiapan Surat Lamaran, Visa dan Dokumen Penting Sebelum Kerja di Dubai

Indonesia Satu Manajemen,
16 Mei 2022 - 2:27

Selama bertahun-tahun, Dubai mengalami pertumbuhan luar biasa di berbagai industri. Kini kota tersebut menjadi destinasi utama bagi para pencari kerja asing di seluruh dunia. Meskipun tidak ada kekurangan lowongan pekerjaan di sana, namun penting mengetahui praktik tentang kepengurusan surat lamaran, visa kerja hingga dokumentasi. Simak ulasannya berikut ini!

  • Melamar online usai perbarui resume

Kini saatnya memoles resume dan meningkatkan peluang untuk terlibat dalam karir. Rata-rata, tim ruitmen atau majikan menghabiskan sekitar 6 detik untuk membaca tentang diri kandidat. Oleh sebab itu, cobalah memasukkan informasi relevan pada CV, sehingga lebih menonjol.

Setelah selesai memperbarui, saatnya mencari pekerjaan. Beberapa portal pekerjaan online bisa membantu menemukan karir impian. Beberapa yang tersedia di Dubai yakni, Linkedln, Bayt, Monster Gulf, dan Naukri Gulf. Semuanya merupakan platform terbaik yang menitik beratkan pada pengalaman, keterampilan dan kualifikasi kandidat.

Kemudian, jangan ragu untuk menghadiri walk interview seperti yang dilakukan oleh Business Bay. Meskipun ada persayaratan khusus untuk mengikuti, namun ini cara pintas mendapatkan pekerjaan.

  • Dapatkan jenis visa yang tepat

Jika berencana mencari pekerjaan penuh waktu atau part time di Dubai, hal pertama yang dibutuhkan adalah visa kerja. Apabila telah dikontrak oleh perusahaan lokal, maka itu adalah cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan cara ini, proses visa akan sangat mudah karena bos mengatur sebagian besar dokumen.

Hukumnya ilegal bila bekerja di Dubai dengan visa turis. Memungkinkan bila menggunakan visa kunjungan dan mengubah status jika telah mendapatkan pekerjaan.

  • Dokumen yang dibutuhkan

Dokumentasi adalah poin yang tidak kalah penting ketika memutuskan berburu pekerjaan di Dubai. Berikut adalah daftar dokumen wajib yang diperlukan untuk meningkatkan peluang:

Kartu Indentitas atau ID, berisi informasi terkait negara asal dan foto
Salinan kartu identitas orang tua dan Anda
Foto terbaru tidak lebih dari tiga bulan untuk paspor
Surat Izin Mengemudi (tidak wajib)
Paspor dengan masa berlaku lebih dari 6 tahun
Sertifikat akademik dan gelar relatif yang dibuktikan dari kedutaan atau konsulat UEA.

Dengan mengetahui informasi dasar terkait surat lamaran, visa dan dokumentisasi akan memudahkan kandidat mencari pekerjaan di Dubai. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp